Penilaian Autentik
Penilaian
Autentik adalah bentuk penilaian yang menghendaki peserta didik menampilkan
sikap, menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari
pembelajaran dalam melakukan tugas pada situasi yang sesungguhnya. Penilaian
Autentik merupakan pendekatan utama dalam Penilaian Hasil Belajar oleh
Pendidik.
Bentuk
penilaian Autentik mencakup penilaian berdasarkan pengamatan, tugas ke
lapangan, portofolio, projek, produk, jurnal, kerja laboratorium, dan unjuk
kerja, serta penilaian diri.
Penilaian
Diri merupakan teknik penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang
dilakukan sendiri oleh peserta didik secara reflektif. Pendidik dapat
menggunakan penilaian teman sebaya untuk memperkuat Penilaian Autentik dan
non-autentik.
Nilai
ketuntasan kompetensi pengetahuan dan keterampilan dituangkan dalam bentuk
angka dan huruf, yakni 4,00 – 1,00 untuk angka yang ekuivalen dengan huruf A
sampai dengan D sebagaimana tertera pada tabel berikut.
Nilai Ketuntasan Kompetensi Sikap
Ketuntasan Belajar untuk
sikap (KD pada KI-1 dan KI-2) ditetapkan dengan predikat Baik (B).
MODUS
|
PREDIKAT
|
4
|
Sangat Baik
(SB)
|
3
|
Baik (B)
|
2
|
Cukup (C)
|
1
|
Kurang (K)
|
Nilai Ketuntasan Pengetahuan dan Keterampilan
Ketuntasan Belajar untuk pengetahuan ditetapkan
dengan skor rerata 2,67 untuk keterampilan ditetapkan dengan capaian optimum
2,67.
Rentang Angka
|
Huruf
|
3,85 – 4,00
|
A
|
3,51 – 3,84
|
A-
|
3,18 – 3,50
|
B+
|
2,85 – 3,17
|
B+
|
2,51 – 2,84
|
B-
|
2,18 – 2,50
|
C+
|
1,85 – 2,17
|
C
|
1,51 – 1,84
|
C-
|
1,18 – 1,50
|
D+
|
1,00 – 1,17
|
D
|
SUNARYO, S.Pd, MM
Wakasek. Bid. Akademik
SMA Negeri 85 Jakarta
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !